SELAMAT DATANG DI INFO STIE GOTONG ROYONG ONLINE, UNTUK PENDAFTARAN S1 S2 HUBUNGI : 081382908423 (24 JAM)

Rabu, 11 Maret 2015

Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (iBii)

Sejarah
IBII pada awalnya adalah singkatan nama sebuah yayasan, yaitu Institut Bisnis Indonesia, yang mengelola lembaga pendidikan di bidang bisnis. Lembaga yang didirikan pada tahun 1987 ini menyelenggarakan program pendidikan setara S1 dengan gelar BBA (Bachelor of Business Administration). Para pendiri yayasan yang juga penyelenggara pendidikan ini, Kwik Kian Gie dan praktisi-praktisi bisnis yang berprestasi dalam bidangnya, yaitu Kaharudin Ongko dan Djoenaedi Joesoef, tidak hanya mencerminkan tapi juga menyakinkan masyarakat bahwa seluk beluk bisnis adalah fokus utama pendidikan di IBII.
Pada tahun 1993 status IBII berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). STIE IBII menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 (program sarjana) yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Pada Program Studi Manajemen terdapat konsentrasi: Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran. Pada Program Studi Akuntansi terdapat konsentrasi: Akuntansi Manajeman, Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), dan Akuntansi Perpajakan. Mulai tahun ini pula STIE IBII menyelenggarakan pendidikan jenjang S2 (program magister) yaitu Program Studi Magister Manajemen dengan membuka konsentrasi Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran.
Mulai tahun 2004 STIE IBII melengkapi pelayanannya dengan menyelenggarakan pendidikan jenjang S3 (program doktor) yaitu Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) dengan konsentrasi: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik dan Akuntansi Manajemen.
Sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman, pada tahun 2005 STIE IBII berubah menjadi Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) dengan menambah empat program studi baru jenjang S1 yaitu : Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika (TI), Ilmu Komunikasi (IlKom), dan Ilmu Administrasi Bisnis (IAB). Selain itu, Program Studi Manajemen IBII juga membuka konsentrasi baru yaitu : Manajemen Kewirausahaan. Selain menambah empat program studi baru dan menambah satu konsentrasi di bidang Manajemen untuk program studi jenjang S1, pada tahun itu juga IBII membuka penyelenggaraan pendidikan jenjang S2 untuk Program Studi Magister Akuntansi dengan konsentrasi: Jasa Keuangan Internal, dan Jasa Keuangan Eksternal.
Keseriusan dalam mengelola pendidikan yang bermutu telah membuahkan hasil. Hal ini dapat dilihat pada program pendidikan S2, IBII berhasil meraih status akreditasi "Unggul" untuk program Studi Magister Manajemen. Selain itu, keseriusan dalam menerapkan sistem manajemen mutu telah dibuktikan dengan berhasilnya IBII meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang berstandar internasional.

Fasilitas

Agar suasana perkuliahan yang baik dapat terwujud, IBII menyediakan berbagai fasilitas penunjang perkuliahan sebagai berikut :
Digital Library
Laboratorium Bahasa
Laboratorium Jaringan Komputer
Laboratorium Sistem Operasi
Laboratorium Komputer
Studio Broadcasting

Publikasi

Ikatan Alumni IBII (ILUBI)

Program Akademik Sarjana (S1)

Akuntansi

Program Studi Akuntansi IBII adalah salah satu program studi pertama yang dibentuk oleh IBII. Program Studi Akuntansi telah berdiri mulai tahun 1992, berarti kami telah memiliki pengalaman hampir 20 tahun dalam mendidik dan menelurkan sarjana-sarjana akuntansi yang sebagian besar telah berkiprah di kancah dunia bisnis.
Profil sarjana yang ingin dibentuk oleh Program Studi Akuntansi IBII adalah sarjana akuntansi yang berilmu, berkarakter dan beriman. Kami percaya keseimbangan ketiga unsur tersebut, akan mampu membentuk lulusan-lulusan akuntansi IBII menjadi profesional yang kompeten secara analitis dan operasional, tetapi juga memiliki etos dan profesionalitas kerja yang tinggi.
Untuk mencapai hal tersebut, Program Studi Akuntansi IBII senantiasa berusaha memperbaiki diri untuk bisa memberikan ramuan kurikulum yang dapat merespon keinginan pasar dan pelaku bisnis. Kami senantiasa mengikuti perkembangan yang ada di dunia bisnis dan akuntansi, melakukan benchmarking ke berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, mengundang para alumni dan praktisi, untuk dapat menangkap dinamika akuntansi yang terjadi dan menerapkannya ke dalam runtutan mata kuliah yang baik dan bermutu agar dapat memberikan bekal ilmu yang lebih dari memadai bagi lulusan akuntansi IBII untuk dapat terjun ke dunia kerja.
Menyadari perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, yang tidak bisa dipisahkan dengan bidang akuntansi, Program Studi Akuntansi IBII juga mengintegrasikan mata kuliah-mata kuliah berbasis teknologi informasi seperti Komputer Akuntansi , Sistem Informasi Akuntansi, Analisis Perancangan Sistem dan EDP Auditing.
Berbagai seminar yang mengupas masalah akuntansi terkini juga kerap diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi untuk meningkatkan pengayaan pengetahuan mahasiswa akan perkembangan akuntansi kontemporer. Kami juga aktif menghadirkan berbagai pembicara tamu dari berbagai KAP terkemuka dan industri untuk memberikan nuansa praktis bagi para mahasiswa.
Untuk membentuk karakter lulusan dan meningkatkan keimanan mereka, Program Studi Akuntansi IBII juga menerapkan pola pembelajaran partisipatif dan keterbukaan dalam prinsip manajemen. Pembentukan karakter lulusan dimulai sejak mereka duduk di bangku kelas sebagai mahasiswa. Para mahasiswa akuntasi IBII didorong untuk aktif berpartisipasi di kelas, mereka dididik untuk belajar mandiri dan berani mengungkapkan pendapat melalui berbagai aktivitas diskusi kelompok dan presentasi. Hubungan dengan dosen dan segenap manajemen IBII juga dilandasi asas keterbukaan dan kerjasama. Para mahasiswa dalam koridor yang telah ditentukan, melakukan feedback terhadap dosen, diijinkan melakukan komplain nilai dan bisa melakukan konsultasi dengan segenap manajemen IBII mengenai masalah akademik.
Pada semester V para mahasiswa akan melakukan Magang Kerja. Magang Kerja ini diwajibkan untuk semua mahasiswa dan ditujukan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman kerja langsung ketika masih di bangku kuliah. Dengan demikian diharapkan mereka dapat memperoleh dimensi pengetahuan praktikal yang lebih dan juga dapat mempersiapkan diri secara lebih baik lagi sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia kerja.
Semua hasil kerja keras Program Studi Akuntansi selama ini tampaknya telah membuahkan hasil yang manis. Pada tahun 2008 tim Akuntansi IBII telah berhasil memperoleh juara satu dan mendapat piala bergilir dari Menteri Keuangan dalam National Accounting Challenge, mengalahkan seluruh perguruan tinggi baik swasta dan negeri yang berlaga dalam kompetisi tersebut. Pada tahun 2008 dan 2009 ini pula Program Studi Akuntansi IBII dengan bangga telah terpilih dalam memfasilitasi beberapa kantor akuntan besar berskala internasional seperti KPMG dan PriceWaterhouseCoopers dalam melakukan campus recruitment. Hal ini merupakan pengakuan industri yang amat besar akan kemampuan Program Studi Akuntansi IBII dalam menciptakan tenaga-tenaga akuntansi yang berkualitas dan siap pakai.
Dengan kepercayaan para peserta didik dan orang tua, Program Akuntansi IBII akan terus melangkah maju menjadi dermaga pengetahuan dan penempaan karakter yang siap melepas lulusan-lulusan akuntansi yang siap menghadapi berbagai tantangan dan gelombang yang dihadapi dalam dunia usaha.
Pada program studi Akuntansi terdapat tiga konsentrasi, yaitu :
  • Akuntansi Manajemen
  • Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
  • Akuntansi Perpajakan

Manajemen

Para mahasiswa yang memilih Program Studi Manajemen akan difokuskan untuk memilih salah satu dari tiga konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Entrepreneurship dimana masing-masing konsentrasi tersebut memiliki keunikannya masing-masing.
  • Manajemen Pemasaran antara lain mempelajari :
  1. Pemahaman konsep dan praktik pemasaran mulai dari apa itu pemasaran.
  2. Marketing mix untuk produk dan jasa (Product, Price, Promotion, Place, Process, Physical Evidents and People), yaitu mempelajari bagaimana cara untuk memasarkan suatu produk lewat pengenalan produk, menentukan harga yang bersaing, menggunakan media promosi yang tepat dan menentukan lokasi yang strategis, memberikan layanan yang prima yang dapat memuaskan pelanggan untuk terciptanya pelanggan setia.
  3. Analisis SWOT - Strength, Weakness, Opportunity, Threat, yaitu mempelajari situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari program atau organisasi di masa kini dan masa yang akan datang.
  4. Strategi pemasaran yang adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
  • Manajemen Keuangan antara lain mempelajari :
Analisis, strategi dan operasi yang berkaitan dengan financial risk, memahami analisis investasi dan peluang menarik sumber dana dari pasar modal sesuai dengan kondisi investi dan portofolio bisnis nasional dan internasional. Untuk melengkapi pengkajian tersebut akan dipelajari juga pengetahuan dan wawasan manajemen keuangan yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhannya serta akan digunakan rujukan teori keuangan terbaru dan kasus-kasus aktual yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi sebuah model penelitian bisnis.
  • Entrepreneurship antara lain mempelajari :
Bagaimana seharusnya seorang enterpreneur dalam sikap dan perilaku, bagaimana caranya berinovasi, membina kreatifitas, serta mengoptimalkan faktor-faktor yang ada baik dari dalam maupun luar usaha sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Sistem Informasi (SI)

PS Sistem Informasi mulai melaksanakan proses pembelajaran pada bulan September 2005. Program studi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi sebagai analis sistem informasi bisnis yang didukung IT.
Keberadaan PS Sistem Informasi IBII memenuhi keinginan siswa SMA di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi yang bermaksud melanjutkan studi ICT yang bermutu tinggi, dengan lokasi kampus yang strategis, tidak terlalu jauh dari domisili siswa.
Di dalam proses belajar-mengajar mahasiswa dilatih menggunakan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan informasi yang berguna untuk mendukung manajemen perusahaan di dalam mengambil keputusan taktis dan strategis.
Keunggulan Program Studi Sistem Informasi :
  • Kemampuan algoritma dan pemrograman mahasiswa dilatih sejak semester-semester awal oleh dosen-dosen yang berpengalaman dengan didukung oleh situs web IBII On-Line Judge System.
  • Para dosen praktisi yang merupakan IT consultant dan IT developer memberikan pengetahuan dan keterampilan praktikal di lapangan kepada mahasiswa.
  • Konten mata kuliah bisnis di dalam kurikulum SI ditunjang pengalaman IBII dua puluh tahun lebih menyelenggarakan pendidikan bisnis.

Program Studi Sistem Informasi IBII menyelenggarakan dua konsentrasi, yaitu :
  • Database Technology
  • Management Support System.

Teknik Informatika (TI)

PS Teknik Informatika mulai melaksanakan proses pembelajaran pada bulan September 2005. Program studi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan tinggi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT), dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi.
Keberadaan PS Teknik Informatika IBII memenuhi keinginan siswa SMA di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi yang bermaksud melanjutkan studi ICT yang bermutu tinggi, dengan lokasi kampus yang tidak terlalu jauh dari domisili siswa.
Sejumlah akademisi yang sudah berpengalaman belasan tahun mengelola pembelajaran dan mendidik mahasiswa ICT telah bergabung dengan program studi ini sejak didirikan, dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik. Di samping itu proses pembelajaran juga didukung oleh praktisi ICT (IT consultant dan IT developer).
Program Studi Teknik Informatika IBII menyelenggarakan dua konsentrasi, yaitu :
  • Web Technology
  • Software Engineering

Ilmu Komunikasi (ILKOM)

Para mahasiswa yang memilih Program Studi Ilmu Komunikasi akan difokuskan untuk memilih salah satu dari dua konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Broadcasting dan Marketing Communication dimana masing-masing konsentrasi tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.
Dinamika dan cakupan dunia penyiaran (broadcasting) dan komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communication) yang sangat intensif dan luas dewasa ini membutuhkan banyak tenaga handal.
Program Studi Ilmu Komunikasi IBII memberikan kesempatan yang luas bagi Anda yang ingin mengembangkan diri menjadi tenaga profesional dalam ilmu komunikasi.
  • Broadcasting antara lain mempelajari :
  1. Untuk Keahlian Televisi : Menguasai keahlian memproduksi sebuah program televisi maupun talk show, teknik editing, melakukan reportase dan penulisan skrip berita.
  2. Untuk Science : Memahami teori, konsep dan perspektif komunikasi.
  • Marketing Communication antara lain mempelajari :
Mempelajari langkah-langkah pemasaran dalam Integrated Marketing Communication, terutama dalam hal promosi melalui periklanan mulai dari penelitian di lapangan, pembuatan konsep periklanan, sampai pada perealisasian konsep tersebut menjadi story board maupun naskah iklan. Kemampuan untuk bekerja dalam event tertentu, menerapkan teknik-teknik sales promotion, menjadi public relation yang berkualifikasi, menjalankan direct marketing dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada pun turut diasah dalam konsentrasi Marketing Communication.

Ilmu Administrasi Bisnis (IAB)

  • Kurikulum dirancang sesuai dengan standar kurikulum pendidikan business administration di luar negeri dengan mengacu kepada kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk memperkaya wawasan dan sekaligus memenuhi kebutuhan dunia industri dan dunia usaha ditambahkan juga kurikulum lokal.
  • Program pendidikan sarjana ilmu administrasi bisnis sebanyak 144 SKS terdiri 135 SKS teori dan praktik bisnis, 9 SKS berupa internship ( 3SKS) dan Karya Akhir (6 SKS).
  • Rancangan kurikulum :
  1. Pengetahuan Konsep dan Teori: Organisasi dan Manajemen Bisnis, Aspek sosial dan politik dalam bisnis, Etika Bisnis, Pengantar Bisnis, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Pemasaran, Manajemen Keuangan bisnis, Statistika Bisnis, kewirausahaan. Penganggaran Perusahaan, Ekonom, dan Hukum Bisnis.
  2. Pengetahuan Lanjutan dan terapan: Prilaku Organisasi, Metode Penelitian bisnis, Pengembangan Organisasi, Pengembangan Bisnis, Sistem dan Kebijakan Ekonomi dan Politik Indonesia, Manajemen Operasional dan produksi, Manajemen Strategik, Manajemen Persediaan dan Logistik, Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen Investasi Portfolio, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Analisis Industri dan Persaingan, Manajemen proyek, Manajemen Risiko, Analisis Laporan Keuangan, dan Analisis Pasar Modal.
  3. Pemahaman Komputer dan Bahasa: Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, Komputer Bisnis, dan Sistem Informasi Bisnis.
  4. Pemahaman kebijakan dan strategi: Kebijakan dan strategi keuangan bisnis, Kebijakan dan strategi operasi dan produksi, Kebijakan dan strategi pemasaran, Kebijakan dan strategi pengembangan bisnis, dan Kebijakan dan strategi SDM.
  5. Pemahaman praktik bisnis: Projek-projek bisnis individu maupun kelompok serta program internship (magang kerja)
  6. Tugas akhir: Proyek Rencana Bisnis (Business Plan). Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan sebuah rencana bisnis yang siap dijalankan dengan memuat aspek produksi, operasi, keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia.

Program Pasca Sarjana (S2)

Magister Manajemen

Program Studi Magister Manajemen IBII (PSMM-IBII) adalah program pendidikan tinggi jenjang S-2 yang ditujukan untuk para manajer muda dan calon manajer yang ingin unggul di karier saat ini dan menyiapkan diri untuk tantangan masa depan.
Tujuan Umum Program
  • Pengembangan diri untuk sukses di karier sebagaimanajer yang berkewirausahaan (enterpreneurial manager)
  • Meningkatkan kapasitas belajar menghadapi masa depan yang kompleks dan dinamis, khususnya dalam lingkungan usaha
Peserta akan memperoleh fasilitas pengembangan diri menjadi manajer yang berkewirausahaan. Manajer berkewirausahaan diharapkan mampu mengidentifikasi kesempatan pembaharuan, bersikap berani menghadapi risiko pembaharuan dan terampil memperkenalkan pembaharuan di lingkungan kerjanya. Manajer berkewirausahaan adalah manajer yang mampu melakukan inovasi.
Peringkat akreditasi PSMM-IBII adalah A berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 013/BAN-PT/AK-IV/S2XII/2005 (Berlaku 27 Desember 2005 s/d 2010). PSMM-IBII memperoleh sertifikat internasional: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dari SUCOFINDO INTERNATIONAL SERVICES pada tanggal 12 Juni 2005.
Kurikulum dan Perkuliahan PSMM-IBII menawarkan 2 konsentrasi, yaitu Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran dengan kurikulum yang up-to-date, dikaji ulang secara berkala dengan melibatkan berbagai sumber yang relevan agar dapat mengikuti perkembangan iptek dan tuntutan dunia bisnis. Beban studi untuk masing-masing konsentrasi adalah 42 kredit sks yang diprogramkan dalam 4 semester (efektif 18 bulan). Perkuliahan dilaksanakan pada malam hari, pukul 18.30 - 21.30, antara hari Senin hingga Jumat.
Kualitas Program Gelar M.M. (Magister Manajemen) dengan konsentrasi Manajemen Keuangan atau Manajemen Pemasaran dapat dicapai melalui proses yang konsisten dan berkesinambungan yang ditopang dengan program yang memiliki kualitas sebagai berikut :
  • Jajaran dosen akademisi dan dosen praktisi Bisnis yang memiliki kompetensi, pengalaman, komitmen dan reputasi tinggi di bidang masing-masing. Dosen akademisi dari IBII bergelar Doktor merupakan dosen tetap, sehingga mudah ditemui di luar kelas. Dosen praktisi yang bergelar Doktor dan Master merupakan para eksekutif dan konsultan yang masih aktif di dunia Bisnis.
  • Kurikulum mengikuti perkembangan tuntutan "hard and soft managerial skills" serta "berkewirausahaan" dari dunia bisnis, untuk tingkat manajer profesional maupun sebagai usahawan.
  • Suasana akademik yang kondusif (profesional-kolegial) melalui proses pembelajaran dan pembimbingan yang konsisten dan bersahabat.
  • Metode pembelajaran yang menyeimbangkan konsep dan aplikasi (studi-kasus, field study, proyek, seminar, problem solving).
  • Pilihan karya akhir yang disesuaikan dengan preferensi dan kepentingan mahasiswa/partisipan (problem solving, business plan, feasibility study, strategic plan, thesis). Partisipan dapat menyatukan kepentingan tugas studi dengan tugas di perusahaan.
  • Akses terhadap seluruh sarana dan prasarana yang memadai di lingkungan Institut Bisnis dan Informatika Indonesia.
  • Memiliki akreditasi nasional dengan peringkat "A" (BAN-PT RI) sejak tahun 2000.
  • Memperoleh sertifikasi internasional dalam Sistem Manajemen Mutu "ISO 9001:2000" (SUCOFINDO INTERNATIONAL) sejak tahun 2001.

Magister Akuntansi

Program Studi Magister Akuntansi IBII (MAKSI-IBII) merupakan program pendidikan Strata-2 di bidang Akuntansi dirancang untuk memberikan bekal yang mendalam dan komprehensif mengenai ilmu pengetahuan dan praktik akuntansi. Berlainan dengan program-program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi lain, program studi Magister Akuntansi IBII dirancang dengan memperhatikan faktor efisiensi, pengelolaan informasi dan berbagai kepentingan stakeholders dengan memiliki 2 konsentrasi:
  • Jasa Akuntansi Internal : Berfokus pada kegiatan akuntan selaku anggota tim manajemen dalam suatu perusahaan
  • Jasa Akuntansi Eksternal : Berfokus pada kegiatan akuntan selaku konsultan (manajemen, pajak, dll) dan akuntan publik
Program Studi Magister Akuntansi IBII mewajibkan mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahan sebanyak 39 sks/4 semester.
Untuk calon mahasiswa yang bukan berasal dari S-1 Program Studi Akuntansi, diharuskan mengikuti matrikulasi.
Mata Kuliah Matrikulasi :
  • Ekonomi
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Pemeriksaan Akuntansi
Kurikulum Kurikulum program ini dirancang dengan memadukan aspek-aspek praktik dan konseptual ilmu akuntansi sesuai dengan perkembangan terakhir dan dengan memperhatikan kebutuhan akan pengetahuan akuntansi sesuai dengan bidang profesi yang dijalani.

Program Studi Doktor (S3)

Ilmu Manajemen

Program Doktor Ilmu Manajemen IBII didesain dengan baik (well-designed) untuk menghasilkan DOKTOR ILMU MANAJEMEN. Doktor yang mampu mengembangkan konsep-konsep dalam bidang organisasi, manajemen, kepemimpinan, strategi dan enterpreneurship, serta mampu menerjemahkannya ke dalam riset-riset terapan dan solusi-solusi manajerial guna menjawab tantangan lanskap persaingan masa depan yang kompleks.
Konsentrasi Program Doktor Ilmu Manajemen menawarkan empat konsentrasi yang dipandang tepat untuk peran-peran masa depan di Indonesia dan secara internasional. Keempat konsentrasi tersebut adalah :
  • Manajemen Keuangan (Financial Management)
  • Manajemen Pemasaran (Marketing Management)
  • Manajemen Strategik (Strategic Management)
  • Manajemen Akuntansi (Accounting Management)
Waktu Kuliah :
  • Jumat Pk. 15.00 - Pk. 21.00
  • Sabtu Pk. 09.00 - Pk. 15.00
Kurikulum Kurikulum Program Doktor Ilmu Manajemen IBII diarahkan untuk mendorong proses pembelajaran berlanjut dari partisipan program, mengembangkan talenta dan bobot keilmuan para pelaku dunia usaha dan pendidik, serta menjamin dicapainya kompetensi yang tinggi dari lulusan. Bagi mereka yang bekerja ekstra keras dan disiplin, program doktor ini dapat diselesaikan dalam waktu dua setengah tahun. Bobot Sks total adalah 64 Sks.
Mata Kuliah Matrikulasi :
  • Ekonomi
  • Manajemen & Organisasi
  • Marketing & Entrepreneurship
  • Akuntansi

Program Studi Dual Programme (PPAk & MAKSI)

Semester Konsentrasi Jasa Internal Konsentrasi Jasa Eksternal
Semester 1
  • Lingkungan Bisnis & Hukum Komersial*
  • Pasar Modal & Manajemen Keuangan*
  • Etika Bisnis & Profesi
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Risk Management & Risk Based Audit
  • Lingkungan Bisnis & Hukum Komersial*
  • Pasar Modal & Manajemen Keuangan*
  • Etika Bisnis & Profesi
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Risk Management & Risk Based Audit
Semester 2
  • Perpajakan*
  • Pelaporan & Akuntansi Keuangan*
  • Akuntansi Manajemen & Biaya*
  • Praktik Audit
  • Perpajakan*
  • Pelaporan & Akuntansi Keuangan*
  • Akuntansi Manajemen & Biaya*
  • Praktik Audit
Semester 3
  • Metode Penelitian Akuntansi
  • Akuntansi Lingkungan Sosial
  • Seminar Pemeriksaan Internal
  • Metode Penelitian Akuntansi
  • Akuntansi Forensik
  • Seminar Assurance Services
Semester 4
  • Statistika Bisnis
  • Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Manajemen
  • Regulasi Akuntansi
  • Statistika Bisnis
  • Teknologi Informasi untuk Akuntansi dan Manajemen
  • Regulasi Akuntansi
Semester 5
  • Thesis
  • Profesi Jasa Internal
  • Thesis
  • Profesi Jasa Eksternal

Program Profesi

Pendidikan Profesi Akuntasi (PPAk)

Dewasa ini profesi akuntan semakin memiliki pengaruh yang luas pada segala aspek perekonomian bangsa. Karena itu, seorang akuntan diharapkan memiliki kompetensi di bidang akuntansi yang memadai dan komitmen yang tinggi dalam menjalani profesinya.
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendiknas No. 179/U/2001, sebutan profesi Akuntan (Ak) dapat diperoleh melalui Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sebelumnya sebutan Akuntan hanya diberikan kepada lulusan S-1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi Negeri tertentu atau bagi mereka yang telah lulus Ujian Negara Akuntansi (UNA). Sebutan Akuntan ini secara spesifik merupakan persyaratan untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntansi Publik (USAP).
Institut Bisnis dan Informatika Indonesia melalui Program Pendidikan Profesi Akuntansi(PPAk-IBII) mengajak Anda untuk mendalami praktik dan teori akuntansi di Indonesia. Dengan paduan tenaga pengajar yang berasal dari internal serta praktisi di bidangnya, maka peserta PPAk-IBII diharapkan menguasai konsep, mengaplikasikan konsep tersebut serta memahami penerapannya. Lulusan PPAk-IBII diarahkan untuk memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan profesi di bidang akuntansi.
Metode Perkuliahan Perkuliahan akan diselenggarakan dengan metode :
  • Perkuliahan teori
Berupa pengkajian dan penguasaan teori
  • Perkuliahan kasus
Berupa penyelesaian masalah yang berkaitan dengan konsep dan teori
  • Perkuliahan praktik
Berupa aplikasi teori dalam praktik-praktik akuntansi di Indonesia
  • Penyelesaian tugas
Berupa penulisan makalah, presentasi individu/kelompok, telaah kepustakaan dan studi kasus

Universitas Bina Nusantara juga dikenal dengan Binus University

Universitas Bina Nusantara juga dikenal dengan Binus University adalah salah satu universitas swasta Indonesia yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

Daftar isi

Sejarah

Kampus Syahdan - Universitas Bina Nusantara
Kampus Syahdan.
Kampus Anggrek - Bina Nusantara University
Kampus Anggrek.
Kampus Kijang - Bina Nusantara University
Kampus Kijang.
Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974.[2] Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.
AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Institusi ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika.
Pada 9 November 1987 AMIK Bina Nusantara bergabung dengan STMIK Bina Nusantara membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi diploma (D3) dan strata 1 (S1). STMIK Bina Nusantara memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992. STMIK Bina Nusantara kemudian membuka program studi pascasarjana manajemen sistem informasi, pertama di Indonesia pada 10 Mei 1993.
Universitas Bina Nusantara kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996. STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998. Saat ini, Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.
Pada 23 Oktober 2014, Universitas Binus meluncurkan kampus terbarunya dengan mengadakan grand launching Binus University di Alam Sutera, Serpong, Tangerang.[3] Kampus baru ini berupa gedung 22 lantai dan menerapkan konsep green campus, bangunan yang ramah lingkungan dengan pemakaian fasilitas-fasilitas hemat energi.[4] Kampus seluas 25 ribu meter persegi tersebut didesain oleh arsitek Indonesia, yaitu Budiman. Kampus Alam Sutera memiliki empat program studi utama. Keempatnya adalah computer science, school of design, school business and management, serta information system.

Program kuliah

Universitas Bina Nusantara memiliki 3 jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring.[5]

Program kuliah reguler

Terdapat 3 tingkatan program kuliah reguler yang disediakan oleh Universitas Bina Nusantara yang terdiri atas tingkat sarjana, magister dan doktor.

Tingkat sarjana

Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Tingkat sarjana memiliki 3 fakultas dan 4 sekolah.
Program kuliah satu gelar
  • Fakultas Ekonomi dan Komunikasi
    • Akuntansi
    • Keuangan
    • Komunikasi Pemasaran
    • Manajemen Hotel (D4)
  • Fakultas Teknik
    • Arsitektur
    • Teknik Industri
    • Teknik Komputer
    • Teknik Sipil
  • Sekolah Teknik Informatika
    • Teknik Informatika
    • Teknologi dan Aplikasi Bergerak
      (Mobile Application and Technology)
    • Teknologi dan Aplikasi Permainan
      (Game Application and Technology)
  • Sekolah Desain
    • Desain Interior
    • Desain Komunikasi Visual Animasi
    • Desain Komunikasi Visual Media Baru
    • Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif
  • Sekolah Sistem Informasi
    • Komputerisasi Akuntansi
    • Sistem Informasi
    • Sistem Informasi Audit
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen
    • Bisnis & Manajemen Internasional
    • Manajemen
    • Pemasaran Internasional
  • Fakultas Humaniora
    • Hubungan Internasional
    • Hukum Bisnis
    • Psikologi
    • Sastra Cina
    • Sastra Inggris
    • Sastra Jepang
Program kuliah ganda
  • Teknik Industri dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Akuntansi
  • Sistem Informasi dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Teknik Industri
  • Teknik Informatika dan Matematika
  • Teknik Informatika dan Statistika

Tingkat magister

Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan magister dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar magister, satu dari Universitas Bina Nusantara dan satunya lagi dari Universitas Macquarie. Mahasiswa dapat mengkombinasikan program kuliah yang diinginkannya. Tingkat magister memiliki 3 sekolah.
Program kuliah satu gelar
  • Magister Teknik Informatika
    • MTI Information Engineering
    • MTI IT Infrastructure Management
  • Magister Manajemen Sistem Informasi
    • Magister Manajemen Sistem Informasi Enterprise Information Systems
    • Magister Manajemen Sistem Informasi Information Systems Valuation
  • Magister Manajemen/Sekolah Bisnis
    • Magister Manajemen Analisis Keuangan - Profesional Muda
    • Magister Manajemen Eksekutif
    • Magister Manajemen Keuangan Terapan
    • Magister Manajemen Manajemen Bisnis - Profesional
    • Magister Manajemen Manajemen Bisnis - Profesional Muda
    • Magister Manajemen Pemasaran Kreatif - Profesional Muda
    • Magister Manajemen Pemasaran Strategis
Program kuliah ganda
  • Master of Commerce in Applied Finance
  • Master of Commerce in International Business
  • Master of Commerce in Marketing

Tingkat doktor

Tingkat doktor hanya memiliki satu program yaitu Research in Management.

Program kuliah internasional

Program kuliah internasional memperoleh gelar sarjana dari universitas rekanan Universitas Bina Nusantara di luar negeri.
  • Accounting
  • Communication
  • Computer Science
  • Fashion Design
  • Fashion Management
  • Film
  • Graphic and New Media
  • Hospitality and Tourism Management
  • Information System
  • International Business
  • Marketing

Program kuliah daring

Program kuliah daring memperoleh gelar sarjana dengan belajar dari jarak jauh melalui media internet.
  • Akuntansi (D3 Lanjutan-S1)
  • Manajemen Pemasaran (D3 Lanjutan-S1)
  • Manajemen Pemasaran (S1)
  • Sistem Informasi (D3 Lanjutan-S1)

Himpunan mahasiswa jurusan

Berikut ini adalah daftar himpunan mahasiswa jurusan yang ada di Universitas Bina Nusantara:[6]
  • HIMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi)
  • HIMANDA (Himpunan Mahasiswa Sastra Mandarin)
  • HIMARS (Himpunan Mahasiswa Arsitektur)
  • HIMDI (Himpunan Mahasiswa Desain Interior)
  • HIMDKV (Himpunan Mahasiswa Design Komunikasi Visual)
  • HIMJA (Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang)
  • HIMKA (Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi)
  • HIMMARCOMM (Himpunan Mahasiswa Marketing Communication)
  • HIMMAT (Himpunan Mahasiswa Matematika)
  • HIMME (Himpunan Mahasiswa Manajemen Ekonomi)
  • HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi)
  • HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris)
  • HIMSISFO (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi)
  • HIMSLAW (Himpunan Mahasiswa Business Law)
  • HIMSTAT (Himpunan Mahasiswa Statistik)
  • HIMTEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer)
  • HIMTES (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil)
  • HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika)
  • HIMTRI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri)
  • HOME (Himpunan Mahasiswa Hotel Management)

Unit kegiatan mahasiswa

Berikut ini adalah daftar unit kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Bina Nusantara:[6]
  • UKM penalaran
    • BNCC (Bina Nusantara Computer Club)
    • BNEC (Bina Nusantara English Club)
      Bina Nusantara English Club adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang berfokus pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Organisasi kemahasiswaan ini telah meraih sejumlah prestasi dan membuat Universitas Bina Nusantara mendapatkan rekor The Most People Doing Crosswords Simultaneously (jumlah terbanyak orang yang mengerjakan teka-teki silang secara bersamaan) pada 21 Februari 2010 yang tercatat pada Guinness World Records.[7][8][9]
    • BNMC (Bina Nusantara Mandarin Club)
    • BSLC (Bina Nusantara Student Learning Community)
    • NC (Nippon Club)
  • UKM olah raga
    • BASIC (Bina Nusantara Swimming Club)
    • BNAC (Bina Nusantara Automotive Club)
    • BNSC (Bina Nusantara Softball-Baseball Club)
    • BNTC (Bina Nusantara Tennis Club)
    • Badminton
    • Basketball
    • Sepak bola
    • Swanarapala (Mahasiswa Bina Nusantara Pencinta Alam)
    • Table Tennis
    • Volleyball
  • UKM bela diri
    • Aikido
    • Karate
    • Merpati Putih
    • Taekwondo
    • Wushu
  • UKM keagamaan
    • Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana
    • Keluarga Mahasiswa Hindu
    • Keluarga Mahasiswa Katolik
    • Keluarga Mahasiswa Kong Hu Cu
    • Majelis Ta'lim Al-Khawarizmi
    • Persekutuan Oikoumene
  • UKM kesenian
    • Band
    • Klifonara (Klub Seni Fotografi Bina Nusantara)
    • Paramabira (Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara)
    • ST-Manis (Seni Teater Mahasiswa Bina Nusantara)
    • Stamanara (Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara)
  • Information Media
    • Binus TV [10]
    • BVoice Radio

Pengajar

Berikut ini adalah daftar guru besar yang mengajar secara tetap di universitas ini.
Nama Fakultas/Sekolah
Prof. Dr. Ir. Edi Abdurrachman M.S., M.Sc., Ph.D. Fakultas Teknik
Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. Sekolah Sistem Informasi
Prof. Ir. Bahtiar Saleh Abbas, M.Sc, Ph.D. Fakultas Teknik
Prof. Dr. Henry Tjowari, M.Sc., M.B.A. Sekolah Bisnis dan Manajemen

Rektor

Berikut ini adalah daftar rektor yang terdapat dalam universitas ini.
Nama Masa Jabatan
Theresia Widia Soerjaningsih 1996-2004[11]
Prof. Dr. Gerardus Polla, M.App.Sc. 2005-2009
Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. 2009-sekarang

Lokasi

Universitas Bina Nusantara memiliki 5 buah kampus yang berbeda.
  • Kampus Anggrek
    Kampus ini terletak di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530.
  • Kampus Kijang
    Kampus ini terletak di Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat 11480.
  • Kampus JWC
    Kampus ini terletak di Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270. Kampus ini hanya digunakan untuk program kuliah internasional.

Universitas Borobudur

Universitas Borobudur, adalah perguruan tinggi swasta di Jakarta, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1982. Rektor pada tahun 2007 adalah Prof. Dr. H. Basir Barthos.

Universitas Borobudur Adalah institusi pendidikan tinggi di Jakarta yang didirikan pada tahun 1982. UNBOR diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Borobudur, suatu lembaga berbadan hukum yang dibentuk dengan akte Notaris Raden Imam Soesatyo Prawirokoesoemo No. 5 tahun 1971. Dalam menjalankan visi dan misinya UNBOR telah mendapat apresiasi yang sangat tinggi oleh masyarakat luas. UNBOR dianggap sebagai salah satu pendidikan tinggi andalan di Ibu Kota Jakarta yang menyajikan pendidikan yang berkualitas dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi akademik dan profesional tinggi. Semua upaya dan hasil pendidikan di Universitas Borobudur diintegrasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui penguasaan ilmu, teknologi, budaya dan seni.
Sampai dengan tahun kuliah 2008, jumlah program studi yang dikelola oleh Universitas Borobudur sebanyak 18 program yang terdiri atas 2 program Diploma (D-III), 13 program Sarjana (S-1), 2 program Magister (S-2) dan 1 program Doktor (S-3). Jumlah mahasiswa aktif yang belajar di seluruh program studi pada tahun kuliah 2006-2007 sekitar 4.000 orang, yang diasuh oleh sekitar 200 orang dosen biasa (dosen tetap) dan lebih dari 100 orang dosen luar biasa (tidak tetap). Semua sistem layanan akademik dan administratif menggunakan basis teknologi informasi untuk menjamin bentuk layanan yang efektif, efisien dan akurat.
Sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat tentang layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, Universitas Borobudur selalu mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Kurikulum pendidikan dievaluasi dan ditinjau kembali secara periodik, kualitas dosen dari sisi penguasaan keilmuan dan teknologi pembelajaran ditingkatkan, dan layanan administrasi secara sistemik terus dibangun. Hasilnya adalah pengakuan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang dikelola oleh Universitas Borobudur.
Kegiatan pendidikan Universitas Pendidikan Borobudur dilaksanakan di 3 (tiga) kampus. Kampus A (Kampus Induk) terletak di Jalan Raya Kalimalang No. 1 Jakarta Timur. Kampus B terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Jakarta Timur. Dan, Kampus C terletak di Jalan Pemuda No. 7 Rawamangun Jakarta.[1]

Daftar isi

Fakultas

Universitas Borobudur memiliki 9 fakultas, yaitu:

Fakultas Ilmu Komputer

  1. Sistem Komputer
  2. Sistem Informasi
  3. Ilmu Komputer
  4. Teknik Komputer (D3)
  5. Manajeman Informatika (D3)

Fakultas Teknik

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Arsitektur

Fakultas Hukum

  1. Ilmu Hukum

Fakultas Ekonomi

  1. Management
  2. Akuntansi

Fakultas Pertanian

  1. Agribisnis
  2. Agroteknologi

Fakultas Teknologi Industri

  1. Teknik Industri

Fakultas Ilmu Kesehatan

  1. Ilmu Keperawatan

Fakultas Psikologi

  1. Psikologi Umum

Program Pascasarjana

  1. Magister Management
  2. Magister Hukum

Lokasi Kampus

  1. Kampus A (Kampus Induk) terletak di Jalan Raya Kalimalang No. 1 Jakarta Timur. [2]
  2. Kampus B terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Jakarta Timur.
  3. Kampus C terletak di Jalan Pemuda No. 7 Rawamangun Jakarta.

Alumni Universitas Borobudur

Daftar Alumni Universitas Borobudur yang populer di Indonesia :
  1. Atut Chosiyah, Gubernur Banten
  2. Azhar Laena, Ex Ketua DPRD Kota Bekasi
  3. Yuni Shara , Artis dan Penyanyi
  4. Betharia Sonata, Artis dan Penyanyi
  5. Elsa Manora Nasution, Atlet Renang
  6. Kevin Rose Nasution, Atlet Renang
  7. Murry, Koes Plus
  8. Sudrajat Suciono, CEO Novell Pharmaceutical Laboratories
  9. Ii Sumirat, Kadis PU Provinsi Bengkulu

Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur adalah sebuah universitas swasta di Jakarta, Indonesia. Universitas yang berdiri sejak 1 April 1979 ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Budi Luhur - sekarang yayasan ini bernama Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti (baca: Sakti) dengan dasar filosofi "Cerdas Berbudi Luhur".

Daftar isi

Sejarah Budi Luhur

Berdirinya Universitas Budi Luhur diawali dengan pendirian Yayasan Pendidikan Budi Luhur pada 1 April 1979. Kiprah Yayasan Pendidikan Budi Luhur dalam pendidikan tinggi dimulai dengan didirikannya Akademi Ilmu Komputer (AIK) pada tahun 1979, yang merupakan perguruan tinggi komputer swasta pertama di Indonesia. Sejarah pendidikan tinggi Indonesia mencatat langkah demi langkah perkembangan Akademi Ilmu Komputer sejak tahun 1979 yang layak disebut sebagai pelopor dalam pendidikan tinggi dibidang komputer di Indonesia.
Universitas Budi Luhur (UBL) adalah sebuah universitas swasta yang merupakan penggabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Teknik (STT) dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP), diresmikan pendiriannya pada tanggal 7 Juni 2002, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 114/D/O/2002. Universitas Budi Luhur yang merupakan suatu perwujudan karya nyata Yayasan Pendidikan Budi Luhur bagi bangsa dan negara Republik Indonesia, dirancang untuk ikut mencerdaskan anak bangsa dengan dilandasi budi pekerti yang luhur.
Universitas Budi Luhur adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang mengemban misi dari Yayasan Pendidikan Budi Luhur, dengan berlandaskan pada motto Asah-Asih-Asuh. Universitas Budi Luhur menyelenggarakan pendidikan, mengembangkan dan menyebarluaskan serta mengabdikan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan ilmu kemanusiaan serta ilmu sosial untuk mengupayakan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas dan berbudi luhur.

Fakultas dan Akademik

Universitas Budi Luhur memiliki 5 fakultas dan 1 akademik dengan jenjang S1 dan D3 dan status yang sudah Terakreditasi oleh BAN PT dan Disamakan (khusus D3)

Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Sejarah

Akademi Ilmu Komputer Budi Luhur yang berdiri sejak 1979 merupakan cikal bakal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, pionir dalam bidang pendidikan informatika dan komputer. Mulai tahun 2000 yang merupakan tonggak masuknya milenium III, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur memiliki komitmen untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang informatika dan komputer, yang berbudi luhur, inovatif dan ber-adaptasi terhadap teknologi agar mampu bersaing di pasar global.
  • 1979 Berdiri Akademi Ilmu Komputer (AIK) di Jl. Budi Utomo No. 11 Jakarta
  • 1982 Berubah Menjadi Akademi Pengetahuan Komputer Budi Luhur
  • 1984 Pindah dari Jl. Budi Utomo Jl. Ciledug Raya 99
  • 1985 Berubah Menjadi AMIK Budi Luhur, Akademi Teknik Komputer (ATK) Budi Luhur dan Akademi Akuntansi Komputer (AAK) Budi Luhur
  • 1986 Bergabung menjadi (Sekolah Tinggi Pengetahuan Komputer) Budi Luhur
  • 1987 Berubah menjadi STMIK Budi Luhur
  • 2002 Menjadi Fakultas Teknologi Informasi

Program Studi

PROGRAM SARJANA (S1)
* Teknik Informatika (S1)
* Sistem Informasi (S1)
* Sistem Komputer (S1)
PROGRAM DIPLOMA 3 (D3)
* Manajemen Informatika (D3)
* Komputerisasi Akuntansi (D3)
PROGRAM PASCA SARJANA
* Magister Akutansi (MA)
* Magister Manejemen (MM)
* Magister Ilmu Komputer (MI)
PROGRAM KHUSUS
* International Program
* Executive Class (Kelaa Karyawan)
* Jakrta Broadcasting School (JBS)
* Budi Luhur Learning Centre (BLLC)

Situs Resmi

Fasilitas

1. Tersediannya Hotspot Wifi Di Setiap Tempat - Tempat Seperti Kafe Depan, Perpustakaan, Di   Sekiar Ruangan FIKOM, Di Bagian Auditorium, Dan Tempat Lainnya, Total Ada 14 Buah Titik Hotspot Yang Bisa Digunakan
2. Tersediannya Fasilitas Lab Komputer, Baik Untuk Belajar Ataupun Keperluan Lainya (Tapi Untuk Situs - Situs Porno Kami Blokir Untuk Menjaga Keamanan.)
3. Tersedia Banyak Mobil Ambulance Untuk Mengantar Siswa Ke Rumah Sakit Apabila Terjadi Musibah (Insiden)
4. Masjid
5. 2 Ruangan Auditorium Khusus Acara - Acara Di Universitas Budi Luhur Seperti, Study Learrning,Pagelaran Musik, Meet And Greet Artis Band, Dll (Bahkan Bisa Disewa Untuk Kepentingan Khusus Misalnya Acara Pernikahan Di Auditorium Bawah).
6. Full Ac Di Setiap Ruangan
7. Fasilitas Bus Dan Minibus Untuk Keperluan Pariwisata.

Organisasi Kemahasiswaan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan di FTI (Fakultas Teknologi Informasi)

  1. BPM FTI (Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi)
  2. BEM FTI (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi) (d/h Senat Mahasiswa FTI)
  3. HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika). Situs: himti.budiluhur.ac.id
  4. HIMASI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Situs : himasi-ubl.org
  5. HMSK (Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer) Situs : hmsk-ubl.org atekbl.com
  6. HIMKA (Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi)

Kelompok Studi Fakultas Teknologi Informasi

  1. KSL (Kelompok Studi Linux) Universitas Budi Luhur. Situs: ksl-ubl.or.id
  2. JUG (Java User Group) FTI Universitas Budi Luhur.
  3. PHPUG (PHP User Group) FTI Universitas Budi Luhur.

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)

FIKOM memiliki 4 konsentrasi atau peminatan yaitu :
  • Public Relations (S1)
  • Broadcast Jurnalism (S1)
  • Visual Communications (S1)
  • Creative Advertising (S1)
FIKOM menerapkan kurikulum dengan berbasis IT (Cyber), mengingat Universitas Budi Luhur merupakan kampus yang unggul sebelumnya dalam bidang IT. FIKOM juga memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mendapatkan keahlian yang lebih mendalam dan bersertifikat, seperti keahlian bidang Penyiaran di Jakarta Broadcasting School (JBS). Dosen-dosen FIKOM, minimal merupakan lulusan S-2 dan sebagian besar adalah praktisi di bidang komunikasi. FIKOM juga selalu memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal lebih jauh dengan dunia kerja. FIKOM memiliki jadwal kunjungan observasi rutin, magang, dan riset di beberapa stasiun TV (Metro TV, SCTV, RCTI, Trans TV, Trans 7, TPI, TV One).

Situs Resmi FIKOM

Prospek Lulusan FIKOM

Broadcast Journalism: Video Journalist, TV Reporter, News Editor, News Producer, TV/Radio Consultant Public Relations: PR Consultant, Marketing PR, Event Supervisor Visual Communication Design: Graphic Designer, Product Designer, Consultant Creative Advertising: Copy Writer, Advertising Designer, Ad – Producer

Organisasi Kemahasiswaan FIKOM

Organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa yang ada di lingkup Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta tercakup dalam satu wadah bernama Keluarga Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KMIK Budi Luhur)[1].
Organisasi Mahasiswa (Ormawa):
  • Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (BPM FIKOM)
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (BEM FIKOM)
  • Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM)
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM):
  • Radio Budi Luhur [2]
  • Komunitas 2 Siang (K2S)
  • Public Relation Community (PRC)
  • Gradasi (komunitas mahasiswa komunikasi visual)

Fakultas Ekonomi (FE)

  • Manajemen Keuangan (S1)
  • Manajemen Pemasaran (S1)
  • Akuntansi (S1)

Situs

Fakultas Teknik (FT)

  • Arsitektur (S1)
  • Elektro (S1)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

  • Hubungan Internasional (S1)
  • Kriminologi (S1)

Akademi Sekretari (ASTRI)

Unit Kegiatan Mahasiswa dan Badan Otonom

Universitas Bunda Mulia (dikenal juga dengan nama "University of Bunda Mulia", atau disingkat "UBM")

Universitas Bunda Mulia (dikenal juga dengan nama "University of Bunda Mulia", atau disingkat "UBM") adalah perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan pusat kegiatan pembelajaran terletak di Jakarta Utara, Indonesia.
UBM merupakan salah satu institusi perguruan tinggi yang sangat mengedepankan pengembangan teknologi informasi dalam hal pencapaian lulusan-lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan institusi-institusi perguruan tinggi lainnya. UBM merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang paling prestisius di Indonesia.
Berdasarkan seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak Maret hingga Juni 2006 terhadap lebih dari 2.000 perguruan tinggi di Indonesia, dengan penyaringan informasi dari EPSBED, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), PHK A1, A2, A3 dan B, TPSDP, DUE, QUE dan INHERE, serta dari publik seperti Majalah Mingguan TEMPO & Webometrics, tersaring sebanyak 156 universitas yang dianggap layak untuk mengikuti seleksi ke tahap yang lebih lanjut. Sehubungan dengan seleksi lanjutan ini, UBM terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi yang termasuk dalam 50 Promising Indonesian Universities.
Pelaksanaan pemilihan institusi-institusi pendidikan tinggi yang masuk dalam kategori Promising Universities ini, dilaksanakan dengan mekanisme evaluasi intensif serta berdasarkan proposal yang diajukan oleh universitas-universitas yang terpilih pada tahap awal. Adapun kiteria seleksi dan bobotnya adalah sebagai berikut:
  1. Penghargaan yang diraih – 30%
  2. Kehidupan Kampus (mahasiswa) – 20%
  3. Fasilitas (sarana prasarana kampus) – 10%
  4. Penelitian & Pengabdian pada masyarakat – 25%
  5. Kerjasama International – 15%
Kelima kriteria tersebut juga dipakai oleh Asia Week, Times Higher & World Education untuk menentukan Top Ranked Universities secara Internasional.
Prestasi tersebut bukanlah merupakan hal yang mengejutkan, mengingat reformasi dalam bidang akademik dan non-akademik dilakukan sejak tahun 2003 hingga saat ini oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, antara lain dengan usaha untuk meningkatkan kuantitas lulusan program sarjana dan pascasarjana, pembangunan kampus baru, serta dukungan infrastruktur teknologi informasi yang terkini. Alhasil, UBM mampu membuktikan dirinya sebagai sebuah perguruan tinggi yang ”menjanjikan” (promising). Pada periode penyeleksian tersebut, di Kopertis Wilayah III, UBM merupakan 1 (satu) dari 7 (tujuh) perguruan tinggi yang terpilih (info jumlah perguruan tinggi di Kopertis Wilayah III Jakarta adalah 308).

Daftar isi

Sejarah

Cikal bakal Universitas Bunda Mulia adalah dari dua sekolah tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bunda Mulia.
Bermula dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bunda Mulia yang didirikan dengan Akta Notaris Mohamad Said Tadjoedin no.108 tanggal 11 Desember 1986. AMIK Bunda Mulia berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 183/O/1987 tanggal 30 Maret 1987 untuk program studi Manajemen dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-III).
Pada tahun 1995 berdasarkan SK Dirjen Dikti No.429/Dikti/Kep/1995 tanggal 10 Oktober 1995 AMIK berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer Bunda Mulia (STMIK Bunda Mulia).
Seiring dengan perkembangan di lingkungan Bunda Mulia, dan juga kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah, maka STMIK Bunda Mulia berubah menjadi Universitas Bunda Mulia dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional No. 73/D/O/2003 pada tanggal 10 Juni 2003, yang memuat mengenai pemberian izin penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) serta penambahan program-program studi baru menjadi Universitas Bunda Mulia.
Seiring dengan peningkatan status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas, pada tahun 2003, Yayasan Pendidikan Bunda Mulia mengembangkan kampus kedua yang berlokasi di Jl. Lodan Raya No.2, Jakarta Utara, dengan luas tanah 45.000 m2. Dibandingkan dengan kampus pertamanya yang berlokasikan di Jl. A.M. Sangaji No. 20, Jakarta Pusat 10130, Kampus terbaru ini dilengkapi sarana dan prasarana yang lebih canggih, yakni dukungan infrastruktur teknologi informasi terkini, koneksi Internet berkecepatan-tinggi (banyak murid yang mengeluhkan kecepatan internet yang ternyata dirasakan tidak seperti yang dijanjikan, mungkin karena jarak jangkauan WIFI yang kurang jauh), laboratorium bahasa dan komputer yang sangat memadai untuk mendukung proses kegiatan belajar-mengajar.

Program Studi

Universitas Bunda Mulia memiliki Program Studi sebagai berikut:

Jenjang Diploma (D3)

Jenjang Sarjana (S1)

  1. School of Marketing (Pemasaran)
  2. School of Retail (Ritel)

Jenjang Magister (S2)

Logo UBM

Makna Tipografi:

Tipografi logo yang merupakan akronim dari Universitas Bunda Mulia, menggunakan huruf kecil mencerminkan kerendahan hati Universitas Bunda Mulia dalam langkahnya kedepan untuk menyiapkan pendidikan yang selalu up to date dan relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Lingkaran elips (bulat lonjong) dengan point-point bergradasi melambangkan kurikulum pendidikan Universitas Bunda Mulia yang tak kenal henti dalam meningkatkan kualitas SDM yang bergerak selaras dalam pusaran globalisasi dan arus informasi.

Makna Warna:

  • Biru adalah warna teknik/teknologi yang menyiratkan ketenangan, kedewasaan, kemantapan dalam berkarya, tapi selalu maju selaras waktu dalam penguasaan teknologi.
  • Kuning krem melambangkan sifat maju dalam berpikir, inovatif, tajam dan cemerlang dalam pemikiran.
  • Abu-abu melambangkan kemajuan pemikiran, kemoderenan, dan keintelegensiaan.

Maskot UBM _ BIEM

BieM adalah pencerminan dari civitas akademika Universitas Bunda Mulia. Dengan empat kelebihannya BieM menjadi sosok teladan dan maskot dari Universitas Bunda Mulia, Nilai inti nya :
  1. Smart : merupakan pribadi yang cerdas
  2. Diligent : Selalu rajin dan tekun dalam mengerjakan sesuatu
  3. Sincere : berhati tulus.
  4. Helpful : pribadi yang suka membantu sesama

Prestasi

Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh civitas akademika UBM, antara lain:
  • Pada Oktober 2012, mahasiswa UBM mendapatkan kesempatan untuk menjadi bintang dalam promosi tayang iklan "Take Me Out Indonesia" di Indosiar yang akan ditayangkan di televisi selama sebulan penuh.
  • Pada Juni 2012, mahasiswa UBM menjadi Juara 1 dan 2 kategori favorit melalui Facebook pada Marching Mascot 2012 yang diadakan oleh GrandmasHotels.com.
  • Pada Juni 2012, tim basket UBM meraih Juara II dalam kompetisi Liga Bola Basket Mahasiswa (LIBAMA) Divisi Nasional.
  • Pada Mei 2012, mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) mengukir prestasi di dalam acara Communication Festival yang diselenggarakan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nasional (UMN), Serpong- Tangerang. Perwakilan Program Studi Ilmu Komunikasi UBM berhasil menjadi Finalis dan Pemenang dari berbagai kompetisi yang diadakan dalam acara tersebut.
  • Pada Mei 2012, mahasiswi UBM dengan essaynya yang berjudul Menghadapi Tantangan Global dengan Identitas Bangsa yang Kental berhasil menembus tingkat nasional pada lomba essay yang diselenggarakan oleh STAIN Purwokerto yang bekerja sama dngan LPM Obsesi Bahasa.
  • Pada April 2012, mahasiswa UBM kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam lomba Chinese Bridge tingkat universitas ke-11 seleksi wilayah Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta.
  • Pada April 2012, perwakilan Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) Universitas Bunda Mulia (UBM), berhasil meraih peringkat Juara III dalam lomba nasional Spelling Bee yang diselenggarakan di Universitas Indonesia (Depok) yang bertajuk National ASEAN Law Students Association English Competition.
  • UBM lolos sebagai 20 besar tim debat bahasa Inggris bertaraf nasional dalam even European Union Intervarsity Debate Championship 2011 (EU-IDC 2011) yang diselenggarakan pada 17-18 November 2011 di Usmar Ismail Hall, Gedung Pusat Perfilman Jakarta. Acara bergengsi yang baru diselenggarakan dua kali ini, disponsori oleh Delegasi Uni Eropa yang dipimpin Charles Whitley (Head of Political, Press, and Information Sections Delegation of The European Union to Indonesia, Brunei Darussalam, and ASEAN). Adapun topik perdebatan mengusung isu politik, ekonomi, pendidikan, sosial, pertahanan dan keamanan yang sedang menjadi isu hangat di dunia, khususnya di Eropa dan Asia. Kompetisi melibatkan 89 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka bersaing memperebutkan piala dari delegasi Uni Eropa dan berkesempatan mengikuti pelatihan secara intensif di kantor Delegasi Uni Eropa. UBM lolos bersama antara lain UI, UGM, IPB, Unpad, Unair, Unsoed, UPH, Binus, dan Unika Atma Jaya (UAJ).
  • dan lain-lain.