SELAMAT DATANG DI INFO STIE GOTONG ROYONG ONLINE, UNTUK PENDAFTARAN S1 S2 HUBUNGI : 081382908423 (24 JAM)

PROGRAM S2


VISI
Terwujudnya Program Studi Pascsarjana terkemuka di bidang ekonomi, manajemen dan bisnis yang menjadi pusat keunggulan dalam melahirkan sumber daya manusia yang profesional.
Misi
1) Meningkatkan kualitas pendidikan pascasarjana sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai keunggulan kompetitif, komparatif, dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan bangsa

2) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi serta kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual sebagai upaya pengembangan ilmu dan aset intelektual bangsa dengan memanfaatkan potensi sumber daya daerah maupun nasional

3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan bangsa

4) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi 5) Meningkatkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola serta kemandirian penyelenggaraan pendidikan Pascasarjana

Tujuan Program
Sesuai visi dan misi di atas, tujuan yang ingin dicapai PPs STIE GR adalah :
1.      Mengembangkan sikap dan perilaku lulusan yang cakap, profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki disiplin, tanggung jawab dan pengabdian yang tinggi, serta kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.
2.      Memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran di bidang ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang berkembang untuk dapat dipahami sebagai kiat seni untuk diterapkan, sebagai landasan etika untuk menjadi profesional, dan sebagai prinsip-prinsip perilaku untuk membangun sikap hidup bersama.
3.      Menghasilkan lulusan sebagai sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang ekonomi, manajemen dan bisnis sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan tanggap dalam merumuskan  penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dan bangsa.
4.      Melahirkan  lulusan sebagai manajer profesional yang memiliki karakter kepemimpinan, Nasionalisme yang tinggi  dan keteladanan bagi profesi dan masyarakat.
5.      Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma) perguruan tinggi.

 Sasaran dan  Strategi
Sasaran
1.         Pengembangan integritas dan jati diri program studi menjadi institusi yang dipercaya masyarakat.
2.         Pengembangan mutu kemahasiswaan
3.         Pengembangan jumlah dan mutu sumber daya dosen dan tenaga pendukung
4.         Pengembangan kualitas dan relevansi kurikulum
5.         Pengembangan efektivitas proses pembelajaran
6.         Pengembangan suasana akademik yang semakin kondusi
7.         Pengembangan sistem penjaminan mutu
Strategi Pencapaian
1 .  Pengembangan integritas dan jati diri program studi menjadi institusi yang dipercaya masyarakat.
(1)  Meningkatkan jati diri Program Pascasarjana STIE Gotong Royong - Jakarta sebagai institusi yang  mampu meningkatkan kompetensi profesi mahasiswa dalam bidang ekonomi, manajemen & bisnis..
(2)  Menguatkan citra Magister Manajemen STIE Gotong Royong - Jakarta dan jatidirinya pada tatanan nasional.
(3)  Mengenalkan Program Pascasarjana STIE Gotong Royong - Jakarta di tingkat nasional sebagai  sebuah  institusi pendidikan pascasarjana yang unggul di Indonesia.
2.    Pengembangan mutu kemahasiswaan
(1)  Meningkatkan  mutu  akademik  mahasiswa  dengan pemutakhiran  teori  dan konsep-konsep  manajemen  yang  terus  berkembang sebagai  bekal keahlian profesionalnya.
(2)  Meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa,  khususnya  karya-karya tulis antara lain karya tulis akhir berupa tesis mahasiswa.
(3)  Meningkatkan mutu karya aplikatif mahasiswa dalam bidang ekonomi, manajemen dan bisnis.
3.    Pengembangan jumlah dan mutu sumber daya dosen dan tenaga pendukung           
(1)  Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dengan mengutamakan dosen yang bergelar Doktor dalam bidang yang sesuai dengan bidangnya.
(2)  Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen   dengan kemampuan analisis dan pemecahan kasus dalam pembelajaran ekonomi, manajemen dan bisnis.
(3)  Meningkatkan kemampuan tenaga pendukung dalam bidang sistem informasi manajemen  untuk  pengembangan bahan pembelajaran.
4.    Pengembangan kualitas dan relevansi kurikulum
(1)  Mengembangkan struktur dan isi kurikulum secara komprehensif sesuai dengan tuntutan perkembangan dan perubahan zaman.
(2)  Meningkatkan relevansi dan integrasi  kurikulum  sesuai  dengan  tuntutan profesi.
(3)  Mengembangkan muatan kurikulum untuk pemutakhiran teori dan konsep-konsep ekonomi, manajemen dan bisnis yang terus berkembang sebagai bekal pengembangan keahlian profesional.
(4)  Mengembangkan akses teknologi untuk peningkatan proses pembelajaran.
5.    Pengembangan efektivitas proses pembelajaran
(1)  Mengembangkan  berbagai Laboratorium  ekonomi, manajemen dan bisnis untuk mendukung kajian  konsentrasi memperkuat pengembangan  kompetensi mahasiswa.
(2)  Meningkatkan  rekrutmen  dosen  praktisi  dalam  rangka  meningkatkan  asas  profesional.
(3)  Memperbaiki  proses  dan  output  mata  kuliah  konsentrasi  dan  metode penelitian  untuk  tesis  dalam  bentuk  Research  Output  sehingga  mempercepat kelulusan mahasiswa.
(4)  Introduksi mata kuliah yang sifatnya manajemen dan bisnis terapan seperti program training dan pelatihan-pelatihan.
6.    Pengembangan suasana akademik yang semakin kondusif
(1)  Secara terus menerus mengadakan langkah-langkah pro-aktif dalam meningkatkan suasana akademik yang mendukung proses pembelajaran.
(2)  Meningkatkan/menambah sarana dan prasarana.
(3)  Mengoptimalkan berbagai kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan ekstrakurikuler untuk menggali potensi dan prestasi mahasiswa.
(4)  Meningkatkan aktivitas interaksi dan konsultasi dosen dengan mahasiswa dan segenap sivitas akademika.      
7.    Pengembangan sistem penjaminan mutu
 (1)  Merancang sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
(2)  Mengimplementasi delapan standar SPMI-PT (Sistem Penjaminan Mutu Internal – Perguruan Tinggi)
(3)  Melaksanakan audit mutu internal secara periodik diadakan setiap tahun.

Kurikulum
Sesuai dengan struktur organisasi dan tata kerja Program Pascasarjana STIE Gotong Royong, substansi kurikulum menjadi tanggung jawab Ketua Program Studi  Program Pascasarjana STIE Gotong Royong  dibantu  dosen-dosen.  Program Pascasarjana STIE Gotong Royong sangat  berperan  dalam penyusunan,  implementasi,  dan  pengembangan  kurikulum  di  Program Studi Magister, antara  lain  dalam  bentuk  penyediaan  fasilitas,  inisiatif, pengorganisasian kegiatan,  serta  pendanaan.  Pada  proses  penyusunan,  peninjauan,  dan peningkatan  mutu  kurikulum,  Program Pascasarjana STIE Gotong Royong memberikan  keleluasaan kepada  Program  Studi  Magister  untuk  memanfaatkan seluruh fasilitas  yang dimiliki pascasarjana. Program Pascasarjana STIE Gotong Royong juga berperan memberikan  arahan dan koordinasi penyusunan dan peninjauan kurikulum. 

Program Pascasarjana  STIE Gotong Royong memberikan  arahan  dan  koordinasi  pada  setiap  rapat koordinasi di tingkat pascasarjana  yang  dilakukan  minimal dua bulan  sekali.  Sedangkan peran Program Pascasarjana STIE Gotong Royong dalam pendanaan penyusunan dan pengembangan kurikulum  diwujudkan  dalam  proses  dan  realisasi  anggaran  program  studi,  di  mana dalam  proses penyusunan anggaran  dituangkan mata  anggaran  yang  berkaitan  dengan kegiatan pengembangan kurikulum.
Pembelajaran
Dalam hal proses pembelajaran, secara rutin setahun sekali dilakukan evaluasi dan bila perlu ada perubahan-perubahan yang telah diawali pada tingkat PS dan kemudian dapat  dilokakaryakan  dua  tahun  sekali.  Dalam  proses  pembelajaran (PBM),  sepenuhnya dilaksanakan  dan  diatur  oleh  program  studi.  Untuk  mengontrol  PBM,  maka  setiap semester  program  studi  mengirimkan  Kartu  Rencana  Studi  ke  program  pascasarjana pada awal kuliah dan mengirimkan KHS pada akhir semester. Hal ini dilakukan dengan memasukkan data pada isian sistem informasi akademik  berbasis web, sehingga PPs secara  otomatis  dapat  mengontrol.  Pada  PBM,  jadwal  akademik  harus  menyesuaikan dengan  kalender  akademik  yang  dikeluarkan  setiap  tahun  oleh  pascasarjana.

Sedangkan  segala  persyaratan  pada  PBM  telah  tercantum  dalam  buku  peraturan akademik.  Sebagai  kontrol  akhir,  setiap  dua  minggu  setelah  yudisium  (sesuai  kalender akademik) PS wajib membuat laporan EPSBED, melalui program pascasarjana. Proses kelulusan/wisuda  dilaksanakan  oleh  STIE Gotong Royong  dan  data lulusan disiapkan  oleh  program pascasarjana.
Suasana Akademik
Kebijakan tentang suasana akademik dituangkan dalam Panduan Akademik, Standar Mutu (SM), Manual Mutu (MM), Prosedur Mutu (PM) yang telah ditetapkan oleh Program Pascasarjana STIE Gotong Royong - Jakarta, yang didalamnya menjelaskan nilai-nilai atau norma-norma yang harus dijadikan pedoman bersikap dan bertingkah laku bagi dosen, karyawan dan mahasiswa.

Dengan tetap mengindahkan kompetensi ilmiahnya dan etika profesi, para dosen di dalam Sekolah Tinggi (termasuk di dalam Program Pascasarjana) :
memiliki kebebasan akademik untuk melaksanakan kajian ilmiah, mendiskusikan dan mengungkapkan hasil kajiannya di dalam forum ilmiah baik secara lisan maupun tertulis
memiliki kebebasan mimbar akademik untuk menyampaikan pandangannya atau menguraikan hasil penelitiannya dan mendiskusikan dalam perkuliahan atau forum ilmiah
Menghargai otonomi keilmuan, yaitu prinsip bahwa setiap bidang ilmu pengetahuan memiliki logika atau cara kerjanya sendiri yang tidak dapat diintervensi atas dasar alasan di luar bidang ilmu tersebut kecuali apabila cara kerja itu bertentangan dengan etika.
Standar Mutu, Manual Mutu dan Prosedur Mutu serta Panduan Akademik Program Pascasarjana STIE Gotong Royong mengatur dan memberikan arahan terkait ;

Peningkatan metode pembelajaran.
Metode pembelajaran diarahkan pada penguasaan kompetensi dengan cara lebihmengaktifkan mahasiswa baik di dalam maupun diluar kelas. Metode pembelajaran menekankan pada diskusi dan mahasiswa didorong untuk aktif mencari informasi dalamjurnal ilmiah terkini dan bukutebaru atau, masalah-masalah aktual yang terjadi maupun internet.Mahasiswa juga dirangsang untuk lebih banyak melakukan penelitian baik bersamadengan dosen maupun secara sendiri-sendiri. 
Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian
1.   Penelitian yang bersifat kompetitif
2.   Penelitian untuk penulisan tesis
3.   Asisten peneliti pada penelitian dosen
Keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarakatPartisipasi mahasiswa dalam evaluasi kinerja Program Studi dan memberi umpan balik terhadap pengelolaan Program StudiEvaluasi Proses Belajar Mengajar tiap semester dengan mengisi kuisener yang dibagikan
-       Sarasehan dan sosialisasi kebijakan baru
-       Melakukan diskusi dengan kaprodi tentang berbagai macam masalah di perkuliahan atau di sekitar kampus.
-       Menyediakan kotak saran
-       Transparansi sistem penilaian ujian
-       Dengan menjelaskan komponen penilaian dan sistem penilaian di awal kuliah
-       Penilaian tesis terdapat berita acara ujian
-       Membagikan semua tugas maupun lembar jawaban ujian yang sudah dinilai ke mahasiswa.
-       Transparansi sistem pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat

Pengelolaan penelitian dan abdimas ditangani langsung oleh LPPM (Tugas, wewenang dan mekanisme pengajuan penelitian dan abdimas dapat dilihat pada rencana Program Studi dan PPs yang tertulis di dalam RAPB Program Studi  dan PPs STIE Gotong Royong.
Upaya penerapan sanksi akademis pada perilaku indisipliner mahasiswa
Penjelasan aturan main masing-masing mata kuliah maupun tata tertib perkuliahan dilakukan di awal kuliah, misal mengumpulkan laporan tugas  kuliah sesuai aturan yang ada sehingga tidak akan mengganggu pada perolehan nilai mahasiswa
Ada buku panduan  program studi yang memuat sanksi-sanksi, misal kehadiran yang kurang dari 75% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir dan dijelaskan pada saat pengenalan mahasiswa baru. Adanya buku agenda untuk konsultasi, dalam memonitor pelaksanaan tesis. Adanya surat peringatan DO yang diberikan ke mahasiswa sebanyak 2 kali.



Tidak ada komentar: